SMPK SANG TIMUR PASURUAN

SMPK SANG TIMUR PASURUAN

Kasih - Peduli - Cerdas - Transformatif
Terakreditasi
BERITA

MENDALAMI IMAN LEWAT RETRET

05/Sep/2020

Pada Kamis, 8 Februari 2018, Siswa kelas IX SMPK Sang Timur Pasuruan mengikuti retret di rumah Retret Khalwat Betlehem, Jedong-Malang. Retret yang bertema “Revolusi Mental Menuju Masa Depan yang Gemilang” dibimbing oleh Sr. Ursula, PIJ, Sr. Natalia, PIJ dan Sr. Vincent, PIJ.

Sesi pertama dimulai mupul 16.30 WIB dengan materi “Aku Berharga di Mata Tuhan”. Hal ini mengajarkan bahwa kita adalah anak-anak yang berharga dihadapan Allah karena kita diciptakan secitra dengan Allah. Sesi ini sungguh membuka mata kami bahwa kita harus bersyukur atas karunia Tuhan. Kegiatan hari pertama ditutup pukul 21.30 WIB.



Di hari kedua, kegiatan dimulai pukul 06.00 WIB. Udara yang dingin tidak membuat semangat anak-anak SMPK Pasuruan luntur. Dimulai dengan kegiatan olahraga diringi dengan permainan yang membuat rasa kantuk hilang seketika. Kegiatan berlanjut berdoa pagi di gua Maria dan berjalan-jalan di sekitar tempat adorasi.



Kegiatan dilanjutkan dengan sesi 2 “Kasih Tuhan Melalui Orang Tua” kita diajak untuk menghitung kebaikan orang tua yang telah memenuhi kebutuhan kami dengan cara menghitung budget selama tiga tahun. Setelah makan siang ini adalah kegiatan yang paling ditunggu-tunggu kegiatan outdoor. 

Kegiatan selanjutnya bersama Sr Vincent, PIJ dengan materi “Aku Diampuni”. Dalam materi ini kita sungguh menyadari artinya pengampuan dan memulai hidup baru yang lebih baik. Pada sesi ini sungguh mengharukan kami belajar terbuka jujur mengakui kesalahan baik kepada orang tua, guru , dan juga teman.

Sesi berikutnya “Tujuan Hidupku”, Kita belajar menyusun tujuan hidup.  Pada sesi kebangkitan, setiap kelompok menampilkan kreasi yel-yel dan penampilan. Acara ini ditutup dengan misa oleh Romo Lukas dilanjutkan dengan makan siangKegiatan selanjutnya bersama Sr Vincent, PIJ dengan materi “Aku Diampuni”. Dalam materi ini kita sungguh menyadari artinya pengampuan dan memulai hidup baru yang lebih baik. Pada sesi ini sungguh mengharukan kami belajar terbuka jujur mengakui kesalahan baik kepada orang tua, guru , dan juga teman.

Sesi berikutnya “Tujuan Hidupku”, Kita belajar menyusun tujuan hidup.  Pada sesi kebangkitan, setiap kelompok menampilkan kreasi yel-yel dan penampilan. Acara ini ditutup dengan misa oleh Romo Lukas dilanjutkan dengan makan siang

 kembali